Cara merawat Laptop dan Notebook

Di era teknologi informasi sekarang ini laptop atau notebook sudah menjadi barang yang umum dan biasa bagi kita semua, berbeda dengan sepuluh atau limabelas tahun yang lalu di mana laptop masih merupakan barang yang mewah. Oleh karena itu kita sebisa mungkin kita harus tahu Cara Memakai dan Merawat Laptop dan Notebook yang baik dan benar, banyak dari kita sekarang ini  yang sudah menggunakannya, namun banyak pula dari kita yang tidak tahu atau belum tau Cara Memakai dan Merawat Laptop dan Notebook yang baik dan benar.
Cara Menggunakan[dot]org akan mencoba sedikit berbagi tips tentang Cara Memakai dan Merawat Laptop dan Notebook yang baik dan benar di antaranya adalah dari beberapa faktor berikut ini :
1. Posisi dan Tata letak
Sebaiknya anda Jangan menaruh atau meletakan laptop atau notebook Anda di lantai atau di tempat yang biasa orang lewat karena itu akan memungkinkan anda atau orang lain secara tidak sengaja menginjak laptop atau notebook anda.
Jangan meletakan cairan (air,susu,atau lainnya) dekat laptop, atau jangan minum didekat laptop dan sambil bermain dengan anak-anak anda karena ada kemungkinan air minum ataupun makanan berkuah terjatuh dan mengenai laptop karena hal ini adalah notabene pengalaman admin sendiri yang harus merelakan netbook pertama admin rusak hehe :) .

Jika sedang menggunakan Laptop atau Notebook sebaiknya jangan letakkan laptop di atas tempat tidur atau tempat empuk lainnya, karena dapat menghalangi keluarnya udara panas dari bawah laptop walaupun ini adalah yang paling enak tentunya hehe… pengalaman admin tidur dengan laptop dan laptop jadi istri keduanya :D
Hati-hati pada saat anda memangku laptop, jangan tergesa-gesa dan pastikan laptop atau notebook anda tidak terlepas dari peganggan anda seingga tidak terjatuh.
Jangan sekali-kali meletakkan barang yang mengandung magnet di dekat laptop atau notebook anda misalnya meletakkannya di dekat handphone Anda. Karena barang tersebut juga bisa merusak mesin laptop sekaligus data-data yang masih anda simpan.
Bila anda tidak sedang menggunakannya, simpanlah laptop di tempat yang kering namun sejuk. Ada baiknya baterai laptop atau notebook anda juga dilepas. Apabila anda mau menggunakannya lagi, sebaiknya baterai tersebut dikosongkan energinya lebih dahulu, baru kemudian diisi hingga sampai penuh.
Jangan menggunakan dan sekaligus meletakkan laptop anda di suatu tempat yang bisa terkena sinar matahari secara langsung atau tempat yang panas lainnya.
2. LCD
Bersihkan LCD layar laptop secara berkala dengan menggunakan kain yang halus.
Apabila sudah selesai menggunakan laptop atau notebook anda jangan langsung anda menutupnya, karena panas yang keluar dari laptop atau notebook anda dapat merusak LCD layar laptop, biarkan sebentar sampai laptop tersebut agak dingin dan tidak panas lagi baru anda boleh menutupnya.
Jangan meletakkan kertas di atas Keyboard bila anda ingin menutupnya.
Jika anda ingin membersihkan keyboard yang terkena debu atau kotoran, gunakan penghisap debu atau kuas kecil yang bisa menjangkau sampai ke sela-sela tuts keyboard. Kemudian untuk menghindari agar debu tidak masuk kembali, coba gunakanlah pelindung keyboard untuk menutupi keyboard anda dari debu dan  kotoran.
3. Baterai
Apabila ingin baterai Laptop kita awet dan tahan lama maka sangat  di anjurkan bagi kita untuk tidak menggunakan laptop pada saat pen-Charger-an karena akan dapat membuat kemampuan baterai menjadi lemah / drop atau bahkan rusak.
Jila memang tidak memungkinkan atau dalam keadaan benar-benar mendesak untuk menggunakan laptop saat men-Charger, maka lepaslah kabel adaptor dari sumber listrik jika baterai sudah penuh, dan sambungkan kembali jika kekuatan baterai tinggal 20%.
Pada saat menggunakan adaptor /charger : sebaiknya digulung melingkar sehingga kabel yang tersambung dengan badan adaptor itu tetap dalam keadaan lurus, adaptor biasanya rusak akibat salah gulung sehingga mengakibatkan kabel yang menghubungkan dengan badan adaptor itu menjadi rusak atau patah didalamnya.
Untuk membuka dan metutup laptop atau notebook: biasakanlah dari kedua sisi atau dari tengah, hindari buka tutup notebook dari sisi kanan saja atau sisi kiri saja,karena dapat menyebabkan salah satu engsel menopang beban terlebih dahulu ,sehingga jika kita coba membuka notebook dengan satu sisi saja maka akan membuat engsel menjadi rusak
4. Gunakan stabilizer
Jaringan listrik di Indonesia masih tergolong tidak stabil, oleh karena itu sangat tidak di anjurkan jika kita menggunakan laptop dan menyambungkannya ke sumber listrik tanpa baterai, karena arus listrik akan langsung masuk mengenai  Motherboard dan merusaknya secara perlahan namun pasti, karena adaptor laptop hanya berfungsi sebagai penghubung saja. Untuk mengurangi atau menanggulangi kasus di atas, kita dapat menggunakan stabilizer,   karena dia dapat menstabilkan arus listrik sehingga tidak akan langsung mengenai motherboard, akan lebih baik lagi jika kita mau menggunakan stabilizer UPS ( walaupun lebih mahal) karena stabilizer ini dapat menyimpan sedikit daya sehingga laptop kita tidak langsung mati jika listrik tiba-tiba saja mati.
5. Gunakan kipas pendingin
Jika ingin bekerja dengan menggunakan laptop atau notebook dalam waktu yang lama, sebaiknya anda menggunakan kipas pendingin agar suhu laptop stabil dan tidak terlalu panas  ,karena suhu yang panas dapat merusak komponen di dalamnya. tapi jangan juga dibiarkan laptop sampai terlalu dingin.
6. Gunakan Tas Laptop
Jika ingin membawa laptop atau notebook anda ke tempat lain yang jaraknya cukup jauh, gunakan tas yang memang khusus untuk membawa laptop. Karena tas biasa sering dapat menimbulkan goncangan, yang akan membuat kinerja laptop bisa menurun, bahkan menjadi rusak.
7. Lakukan Scan jika mendownload Software
Bila ingin mengunduh data atau software dari internet, anda perlu berhati-hati. Karena banyak software atau data yang membawa virus. Disarankan sebelum melakukan hal tersebut lakukan pense-scanan lebih dahulu.
Semoga sedikit info sederhana tentang Cara Memakai dan Merawat Laptop dan Notebook yang baik dan benar ini bisa anda aplikasikan sendiri pada laptop atau notenook anda sehingga Laptop atau Notebook anda bisa bertahan lama dan anda bisa bekerja dengan lebih nyaman lagi.

Komentar

Postingan Populer